Dollan Term & Condition

Selamat datang di Dollan.

Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT. Jelajah Kreasi Nusantara terkait penggunaan aplikasi Dollan. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan aplikasi Dollan, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyutujui semua isi dalam Syarat & ketentuan. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT.Jelajah Kreasi Nusantara. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di aplikasi Dollan.

 

  • Definisi

 

      1. PT Jelajah Kreasi Nusantara adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.dollan.id dan aplikasi mobile, yakni platform pencarian tempat pariwisata dan Operatoran aktivitas wisata. Selanjutnya disebut Dollan.
      2. Syarat & ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Dollan yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan Dollan, serta tata cara penggunaan sistem layanan Dollan.
      3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Dollan, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, operator ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke paltform Dollan.
      4. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Jasa wisata  yang dijual oleh Operator di platform Dollan.
      5. Operator adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Jasa wisata kepada para Pengguna Platform Dollan.
      6. Jasa Wisata adalah Jenis aktivitas wisata, menyewakan barang, transportasi, akomodasi, penginapan, pertunjukan seni yang di jual melalui platform Dollan
      7. Saldo operator adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Operator (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan Dollan untuk menampung dana hasil Operatoran Jasa Wisata pada Platform Dollan. Dana ini hanya dapat ditarik ke akun bank Operator yang terdaftar dan tidak dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Platform Dollan.

 

  • Ruang Lingkup Layanan

 

      1. Dollan menyediakan platform online  berupa sehingga pembeli dapat menelusuri jasa wisata. Pembeli dapat membuat pesanan Jasa Wisata  kepada operator, dan/atau penyedia layanan lain yang bekerjasama dengan Dollan. Dengan meletakkan pesanan melalui platform, Anda akan dapat memesan dan/atau membeli jasa wisata pada platform kami. Kami akan memberikan konfirmasi pemesanan atau pembelian melalui konfirmasi email. Kami berhak untuk menolak pemesanan sebagaimana diatur di bawah ini.
      2. Perubahan dalam kondisi pasar atau keadaan yang terjadi dapat menyebabkan perubahan dalam waktu singkat, yang menyebabkan informasi tidak akurat atau tidak berlaku. Dalam hal terjadi masalah, layanan pelanggan dapat berusaha untuk membantu Anda dan memenuhi permintaan Anda.
      3. Meskipun kami akan menggunakan keahlian kami dengan hati-hati dalam melakukan layanan, kami tidak memverifikasi, dan tidak menjamin, bahwa semua informasi yang diberikan akurat, lengkap, benar atau terbaru yang tersedia, dan kami tidak bertanggung jawab atas setiap kesalahan (termasuk kesalahan penempatan dan pengetikan), gangguan (baik sementara dan/atau parsial, kerusakan, perbaikan atau peningkatan ke situs atau sebaliknya), informasi yang tidak akurat, menyesatkan atau palsu atau informasi yang tidak tersampaikan. Hal ini mencakup setiap informasi yang ditampilkan pada Situs atau platform kami lainnya sehubungan dengan jenis wisata, atau informasi lainnya yang berkenaan dengan spesifikasi fasilitas operator wisata.
      4. Kami dengan ini menyatakan penolakan atas segala klaim, kerugian, atau kewajiban sehubungan dengan kualitas atau status Operator yang ada yang terdaftar di Situs kami. Operator dapat diperkenalkan dalam bentuk kelas yang berbeda berdasarkan faktor termasuk tetapi tidak terbatas pada ulasan mereka, peringkat atau faktor lainnya. Peringkat yang diberikan dihitung berdasarkan algoritma otomatis yang dapat diperbarui dan diubah sesuai kebijakan kami.
      5. Kami memiliki hak untuk tidak menerima pengguna atau pemesanan apa pun (atau dalam kasus tertentu membatalkan konfirmasi pemesanan) atas kebijakan kami sendiri dan untuk alasan apa pun tanpa memberikan alasan penolakan / pembatalan. Alasan penolakan pengguna atau pemesanan atau pembatalan konfirmasi pemesanan mungkin termasuk tetapi tidak terbatas pada: pelanggaran terhadap Ketentuan ini, larangan dalam peraturan, penipuan atau pencurian (indikasi atau kecurigaan), kecurigaan aktivitas kriminal, pemesanan mencurigakan, layanan tidak tersedia atau tidak lagi disediakan oleh Operator, pengguna memberikan informasi yang tidak akurat, informasi keliru atau menyesatkan, masalah dengan komunikasi elektronik kartu kredit, informasi atau transaksi, perilaku yang tidak pantas , ancaman, penghinaan, penolakan untuk memberikan informasi.
      6. Setiap pembayaran yang terkait dengan pemesanan atau reservasi Layanan akan dilakukan langsung ke rekening bank Dollan atau saluran pembayaran Dollan. Dollan tidak akan bertanggung jawab atas validitas reservasi, jika pembayaran tidak dilakukan langsung ke rekening bank Dollan atau saluran pembayaran Dollan.

 

  • Transaksi Pembelian

 

      1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Dollan. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian Dollan akan meneruskan dana ke pihak Operator apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem Dollan telah selesai.
      2. Saat melakukan pembelian Barang, Pembeli menyetujui bahwa:
        1. Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Jasa  yang di jual sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
        2. Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari Gambar sebagaimana terlihat di situs Dollan tergantung pada monitor komputer Pembeli. Dollan telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di Situs Dollan muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs Dollan akan akurat.
        3. Dollan tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Operator kepada Pembeli.
      3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan quota jasa wisata merupakan tanggung jawab Operator yang menawarkan Barang tersebut. Terkait ketersediaan quota jasa wisata dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan quota kosong, maka Operator akan menolak order, dan pembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
      4. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antar Pembeli dan Operator selain melalui Rekening Resmi Dollan dan/atau tanpa sepengetahuan Dollan (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs Dollan atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
      5. Dollan memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
      6. Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 2 hari) setelah Pembeli melakukan booking. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh pembeli, Dollan memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
      7. Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain Dollan. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.
      8. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening resmi Dollan adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
      9. Pengembalian dana dari Dollan kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
        1. Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga Jasa Wisata,
        2. Operator tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan Quota, maupun penyebab lainnya,
        3. Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Bantuan berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pembeli atau hasil keputusan dari pihak Dollan.
      10. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui Saldo Dollan milik Pengguna yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana.
      11. Dollan berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Operator dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Dollan adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Operator dan Pembeli untuk mematuhinya.
      12. Pembeli wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. Dollan tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pembeli apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
      13. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Operator.

 

  • Pembatalan

 

      1. Dengan melakukan pemesanan, atau Booking melalui Situs Dollan, Anda menerima dan menyetujui syarat dan ketentuan Operator yang berlaku, termasuk kebijakan tentang pembatalan dan / atau ketidakhadiran, atau permintaan spesifik Anda yang dapat diberikan kepada Operator. Dollan tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan yang disepakati antara Operator dan Pembeli, atau yang didasarkan pada permintaan spesifik pengguna, jadi silakan baca syarat dan ketentuan Operator dengan hati-hati.
      2. Mengenai pengembalian uang, Dollan mungkin dapat menahan atau mengambil bagian dari jumlah yang dibayarkan untuk mengganti biaya yang telah dikeluarkan sehubungan dengan pembatalan.

 

  • Harga dan Promosi

 

      1. Dollan dapat menawarkan harga dan / atau promosi yang lebih rendah dari waktu ke waktu. Bahwa ini mungkin melibatkan berbagai kondisi dan persyaratan yang terkait dengan kebijakan pemesanan dan pengembalian uang.
      2. Jika ada promosi yang diberikan langsung oleh Operator, maka hak dan wewenang atas promosi akan sepenuhnya berada di bawah Operator dan tidak dapat diterapkan untuk pemesanan yang dilakukan melalui Dollan.
      3. Harga Barang yang terdapat dalam situs Dollan adalah harga yang ditetapkan oleh Operator. Operator dilarang memanipulasi harga barang dengan cara apapun.
      4. Operator dilarang menetapkan harga yang tidak wajar pada Barang yang ditawarkan melalui Situs Dollan. Dollan berhak untuk melakukan tindakan berupa  penurunan konten serta tindakan lainnya berdasarkan penilaian sendiri dari Dollan atas dasar penetapan harga yang tidak wajar.
      5. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman situs Dollan dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pembeli adalah tanggung jawab Pembeli.
      6. Operator memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab Operator. 
      7. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidak sepahaman antara Operator dan Pembeli tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab Dollan.
      8. Dengan melakukan pemesanan melalui Dollan, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga barang, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Pengguna.
      9. Situs Dollan untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli Barang dalam mata uang Rupiah.

 

  • Konten

 

    1. Dalam menggunakan setiap fitur dan/atau layanan Dollan, Pengguna dilarang untuk mengunggah atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, beriklan atau melakukan promosi ke situs selain Situs Dollan, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial maupun berdasarkan kebijakan yang ditentukan sendiri oleh Dollan. Dollan berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi Konten, pemblokiran akun, dan lain-lain.
    2. Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambar Barang yang memiliki watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.
    3. Pengguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
    4. Penjual tidak diperkenankan untuk mempergunakan foto/gambar Barang atau logo toko sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke situs-situs lain diluar Situs Dollan, atau memberikan data kontak pribadi untuk melakukan transaksi secara langsung kepada pembeli / calon pembeli.
    5. Ketika Pengguna mengunggah ke Situs Dollan dengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan Dollan hak non-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti, disublisensikan ( melalui beberapa tingkatan ) hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas , merek dagang , hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan. Selanjutnya , untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku , Anda mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap Dollan.
    6. Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten Pengguna kedalam situs Dollan. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Situs Dollan.
  1. Pembayaran dengan Kartu Kredit
    1. Untuk pembayaran pemesanan yang dilakukan melalui Situs ini, kartu kredit Anda akan ditagih oleh Dollan dengan harga penuh pada saat pemesanan dan konfirmasi pemesanan (pengembalian uang yang mungkin diberikan akan tergantung pada kondisi pemesanan yang ada). Anda harus memeriksa detail pemesanan dengan seksama setiap kali sebelum melakukan pemesanan. Dollan akan memproses pengembalian uang, sebagaimana berlaku, dalam jangka waktu yang wajar. Untuk melindungi dan mengenkripsi informasi kartu kredit Anda saat dalam perjalanan ke kami, kami melakukan kerjasama dengan payment gateway yang berpengalaman.
    2. Dalam kasus penipuan kartu kredit atau penggunaan kartu kredit Anda oleh pihak ketiga secara tidak sah, Anda harus segera menghubungi bank atau penerbit kartu Anda setelah menyadari penggunaan yang tidak sah tersebut. Dalam kasus seperti itu, Dollan tidak bertanggung jawab atas kasus penipuan kartu kredit atau penggunaan kartu kredit Anda oleh pihak ketiga, terlepas dari apakah penipuan atau penggunaan tidak sah tersebut dilakukan melalui layanan Dollan. Dollan tidak berkewajiban untuk melakukan pengembalian uang atau pembayaran kepada Anda sebagai akibat dari penipuan tersebut. 
    3. Untuk melakukan reservasi, Anda harus berusia di atas delapan belas (18) tahun dan memiliki kapasitas hukum penuh untuk melakukan transaksi (atau memiliki otorisasi dari wali sah Anda). Anda harus menggunakan kartu kredit atau debit yang Anda miliki, diterbitkan atas nama Anda, dan pastikan ada cukup dana untuk menutup biaya transaksi. Setiap biaya yang dikeluarkan oleh Anda untuk mengesahkan transaksi yang mengakibatkan penarikan berlebihan akun Anda bukan merupakan tanggung jawab Dollan.
    4. Anda harus memastikan bahwa detail yang Anda berikan kepada kami sepenuhnya akurat. Dollan berhak untuk tidak menerima kartu kredit tertentu. Dollan dapat menambah atau menghapus metode pembayaran lain atas kebijakan kami sendiri.
    5. Dalam kasus-kasus tertentu, kami mungkin memerlukan informasi atau verifikasi tambahan untuk memvalidasi dan mengonfirmasi pemesanan, sebagaimana dijelaskan secara lebih rinci di Situs. Pemesanan tidak dikonfirmasi sampai Anda menerima email konfirmasi dengan e-tiket atau voucher dan ada kemungkinan bahwa Operator dapat menerapkan mekanisme pemeriksaan penipuan selama proses pemesanan. Jika penipuan terjadi atau bertekad untuk terjadi, maka pemesanan akan batal. Dollan tidak bertanggung jawab atas pembatalan tersebut oleh Operator. Jika Anda memilih untuk tidak mengirimkan informasi tambahan, pemesanan tidak akan selesai dan akan dibatalkan.
  2. Akun Pengguna
    1. Untuk keperluan pendaftaran, kami akan mengumpulkan dan memproses informasi pribadi Anda, seperti nama Anda, alamat surat elektronik (email), dan nomor ponsel Anda ketika Anda mendaftar. Anda harus memberi kami informasi yang akurat, lengkap, dan terbaru dan setuju untuk memberi kami bukti identitas yang mungkin kami minta secara wajar.
    2. Hanya Anda yang dapat menggunakan akun Anda sendiri dan Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda tidak akan mengizinkan pihak lain untuk menggunakan identitas Anda atau akun Anda dengan alasan apa pun, kecuali diizinkan oleh Dollan.
    3. Anda tidak dapat menetapkan atau mentransfer akun Anda ke pihak lain mana pun.
    4. Anda harus menjaga keamanan dan kerahasiaan kata sandi akun Anda dan identifikasi apa pun yang kami berikan kepada Anda. Dalam hal terjadi pengungkapan kata sandi Anda, dengan cara apa pun yang mengakibatkan penggunaan akun atau identitas Anda secara tidak sah, pesanan yang diterima dari penggunaan yang tidak sah tersebut akan tetap dianggap sebagai pesanan yang valid dan kami akan memproses pesanan tersebut . Anda dengan ini menyatakan bahwa Dollan tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan yang timbul dari penyalahgunaan akun Anda.
    5. Jika Anda tidak lagi memiliki kendali atas akun Anda, Anda diharuskan untuk segera memberi tahu kami (mis. Akun Anda diretas dengan cara apa pun atau ponsel Anda dicuri) sehingga kami dapat memblokir sementara dan / atau menonaktifkan akun Anda dengan benar. Harap perhatikan bahwa Anda bertanggung jawab atas penggunaan akun Anda dan mungkin bertanggung jawab atas akun Anda meskipun akun Anda disalahgunakan oleh orang lain.
    6. Dollan memiliki hak penuh untuk memblokir sementara, menghapus, atau menonaktifkan akun Pengguna atas kebijakan kami sendiri dan untuk alasan apa pun tanpa memberikan alasan untuk memblokir, menghapus, atau menonaktifkan akun Pengguna. Alasan pemblokiran, penghapusan, atau inaktivasi akun Pengguna dapat termasuk tetapi tidak terbatas pada:
      1. penipuan atau pencurian,
      2. kecurigaan aktivitas kriminal,
      3. pemesanan yang mencurigakan,
      4. Pengguna yang memberikan informasi yang tidak akurat, salah atau menyesatkan,
      5. perilaku, ancaman, atau penghinaan yang tidak pantas,
      6. penolakan untuk memberikan informasi,
      7. kesulitan komunikasi atau gangguan, atau
      8. Pengguna terdaftar pada "daftar hitam" atau "daftar pantauan" oleh pemerintah atau organisasi internasional.
  3. Prosedur Pembayaran
    1. Pembayaran dilakukan dalam jumlah mata uang sebagaimana dinyatakan dan tidak termasuk biaya bank atau biaya lainnya oleh Dollan.
    2. Dollan tidak memungut pajak atau retribusi. Jika Wisata atau kota membebankan pajak, pajak-pajak tersebut adalah tanggung jawab pengguna.
    3. Untuk semua bentuk pemesanan, Anda harus melakukan pembayaran dalam batas waktu yang ditentukan. Jika pembayaran tidak dilakukan, maka Dollan berhak untuk membatalkan semua pemesanan.
    4. Metode pembayaran termasuk tetapi tidak terbatas pada transfer bank dan kartu kredit. Untuk pembayaran melalui transfer bank, Anda harus memberikan tanda terima transfer bank sebagai bukti pembayaran pemesanan yang tercantum dalam email konfirmasi Dollan. Anda harus mengikuti prosedur yang terdapat dalam email /aplikasi saat konfirmasi.
    5. Untuk metode pembayaran lain seperti kartu kredit, Anda harus mengikuti prosedur yang dinyatakan oleh Dollan dan / atau penyedia layanan pembayaran yang relevan.
    6. Setelah Anda melakukan pembayaran penuh, Dollan akan melakukan pemesanan dan mengeluarkan kode reservasi, yang akan disertai oleh:
      1. Kode Pemesanan;
      2. Nama Pelanggan;
      3. Pemesanan Nomor;
      4. Detail Pemesanan; dan
      5. Nomor Telepon / Ekstensi
  4. Indemnifikasi
    1. Anda dengan ini setuju untuk membebaskan Dollan dan karyawannya, afiliasinya, staf, dan mitranya, dari dan terhadap setiap dan semua klaim, tuntutan, pertanggung jawaban, kerusakan atau kerugian termasuk biaya hukum, yang timbul sebagai akibat dari klaim pihak ketiga terkait dengan: (a) penggunaan Situs oleh Anda; (B) Konten yang diberikan, disediakan atau diakses melalui Situs ini; (c) pelanggaran Anda terhadap Ketentuan; (d) pelanggaran terhadap hak atau kewajiban lain ; dan atau segala tindakan atau kelalaian oleh Anda, apakah lalai, melanggar hukum atau sebaliknya.